Lemak berlebih pada bagian perut merupakan salah satu permasalahan besar pada wanita. Mereka kerap tidak percaya diri dengan perut yang buncit. Hal ini menjadi alasan banyak wanita melakukan diet untuk mendapatkan perut yang datar. Namun diet yang dilakukan justru menimbulkan penyakit dan memberikan efek yang tidak baik pada kesehatan.

Kini bagi Anda yang mengidamkan perut yang datar, jangan khawatir karena nyatanya mendapatkan perut yang indah tanpa lemak tidak sesulit yang Anda bayangkan. Cukup lakukan 10 hal ini secara konsisten untuk melenyapkan lemak di perut. Melansir dari situs Allwomanstalk, Kamis (31/12/2015), berikut ulasan selengkapnya.

1. Tentukan Berapa Total Berat yang Ingin Anda Kurangi

Sebelum Anda melakukan banyak usaha untuk membuat perut datar, tentukanlah berapa kilogram yang ingin Anda hilangkan dari berat tubuh Anda. Hal ini dapat menjadi tujuan untuk fokus pada proses meratakan perut. Jadi awali dengan menentukan tujuan dan target untuk mencapai hal tersebut, apakah dalam satu bulan atau dua bulan. Tentukan sesuai dengan kemampuan fisik Anda.

2. Bawalah Air ke Mana Saja

Jika Anda ingin mendapatkan perut yang datar, tentunya Anda harus mencoba menjadi lebih sehat, baik itu dari pola makan dan gaya hidup. Salah satunya membuat hidrasi yang baik pada tubuh Anda dengan membawa botol minum ke mana saja. Dengan mempunyai mineral ke mana pun Anda pergi, akan mengurangi konsumsi minuman bersoda dan makanan ringan karena kondisi perut Anda selalu penuh. Sebagai langkah awal lakukan hal ini selama seminggu penuh dan lihat perubahannya.

3. Warnai Makanan Anda

Warna dalam hal ini bukan berarti Anda dianjurkan untuk menggunakan pewarna makanan. Namun variasikanlah makanan Anda dengan buah-buahan dan sayuran yang beraneka warna. Bukan berarti Anda tidak diizinkan untuk makan nasi dan lauk. Namun seimbangkanlah karbohidrat yang masuk ke dalam tubuh Anda, dengan sayuran dan buah-buahan yang segar. Selain dapat menghilangkan lemak di perut, menu ini juga dapat membuat kulit Anda lebih indah dan sehat.

4. Berhenti Konsumsi Makanan Cepat Saji

Kebiasaan mengonsumsi makanan instan, sepertinya harus mulai Anda tinggalkan jika ingin memiliki perut yang datar. Makanan cepat saji memberikan kalori berlebih sehingga menumpuk dan menjadi timbunan lemak pada perut dan paha. Anda dapat mengganti makanan cepat saji dan instan dengan salad yang juga sederhana dalam pembuatannya.

5. Berhenti Minum Soda

Sama halnya dengan makanan cepat saji, minuman bersoda juga mengandung banyak kalori. Bahkan melebih kalori yang didapatkan dari buah pisang. Kandungan fruktosa yang tinggi membuatnya berproses pada tubuh dan menjadi lemak yang menumpuk di perut. Anda tidak ingin hal ini terjadi bukan? Mulailah untuk menghentikan kebiasaan Anda minum soda.

6. Imbangi dengan Olahraga

Lakukanlah olahraga ringan yang dapat membakar lemak pada tubuh Anda, khususnya pada bagian perut. Olahraga seperti berjalan, bersepeda, jogging dan lari yang dapat Anda lakukan setidaknya sekali dalam sehari. Jangan biarkan kalori yang didapat saat makanan menumpuk pada tubuh Anda, bergerak dan buatlah lemak menghilang.

7. Jangan tunggu lapar untuk makan

Makanlah sebelum lapar. Jangan menunggu lapar untuk memulai makan, karena pada keadaan lapar nafsu Anda akan meningkat sehingga membuat porsi makan Anda bertambah. Akan lebih baik jika Anda memulai makan sebelum lapar agar porsi makan Anda terkontrol dan tidak menyebabkan munculnya lemak berlebih.

8. Bagi porsi makan menjadi lima kali

Dibandingkan dengan tiga kali makan dengan porsi berat di pagi, siang dan malam hari, Anda dapat mengubah pola makan tersebut menjadi lebih banyak, yaitu lima kali. Hal ini akan berdampak pada tujuan Anda untuk menghilangkan lemak di perut. Berikan waktu perut memproses makanan Anda sebelum Anda memasukkan kembali makanan lainnya. Anda dapat membagi porsi makan lebih sedikit namun lebih sering. Seperti sarapan, makan di pertengahan siang, di siang hari, pada sore hari dan di malam hari sebelum tengah malam.

9. Berikan waktu 20 menit untuk jeda setelah makan

Setelah makan jangan langsung lakukan aktivitas berat seperti berjalan atau kembali berolahraga. Jangan forsir tubuh Anda secara berlebih. Hal ini akan membuat tubuh Anda tidak stabil dan membuat proses pencernaan makanan Anda tidak sempurna.

10. Jangan menyerah

Setelah waktu yang Anda tentukan belum juga mendapatkan hasil yang maksimal, tetaplah lakukan usaha ini secara rutin. Anda tentu telah melihat perubahan pada perut Anda namun belum maksimal. Jangan menyerah dan tetaplah berusaha. Tambah target waktu Anda dan lakukan dengan fokus usaha yang sama. Perjalanan Anda mewujudkan keinginan perut tanpa lemak akan semakin dekat.

 

Sumber: Liputan6

manadosehat

Founder ManadoSehat, Blogger
×

Cart