Salah satu penyakit yang sering menyerang mereka yang sudah berusia lanjut adalah penyakit rematik. Namun dikarenakan pola hidup dan pola makan yang kurang sehat, saat ini  banyak yang sudah menderita rematik dan asam urat meskipun usianya masih muda. Memang benar, rematik bukan penyakitnya orang tua melainkan penyakit yang dipicu oleh makanan yang kita konsumsi jadi dapat menyerang siapa saja baik muda maupun tua.

Mengingat pemicu utama penyakit ini adalah makanan, maka tidak ada obat yang bisa menyembuhkan penyakit rematik secara total. Salah satu solusinya adalah dengan mengubah gaya hidup dan pola makan kita agar menjadi lebih sehat. Nah, di bawah ini ada beberapa makanan enak yang sebaiknya dikonsumsi mereka yang menderita rematik karena makanan-makanan tersebut dapat membantu mengusir rematik dari dalam tubuh.

Ikan

Ikan mengandung banyak manfaat bagi kesehatan tubuh jika dikonsumsi secara teratur, salah satunya dapat mengurangi 50% resiko terkena penyakit rematik. Beberapa jenis ikan yang dianjurkan bagi penderita rematik adalah ikan tuna, salmon dan mackerel karena terkenal mengandung asam lemak omega 3 yang tinggi.

Kedelai

Kedelai termasuk makanan sehat jenis kacang-kacangan yang mampu membantu mengurangi dan mencegah rematik. Jika kamu menderita rematik sebaiknya masukkan makanan yang berbahan dasar kedelai seperti tahu, tempe dan susu kedelai ke dalam menu harianmu. Selain bermanfaat mencegah rematik, kedelai juga bermanfaat bagi kesehatan jantung karena mengandung serat dan protein yang tinggi namun dengan lemak yang rendah.

Minyak zaitun

Sebaiknya gunakan minyak zaitun untuk menumis makanan agar lebih sehat. Lemak tak jenuh tunggal yang terkandung dalam minyak zaitun dapat bermanfaat menjaga kesehatan jantung. Selain itu minyak zaitun juga mengandung oleocanthal yaitu senyawa fenolik alami yang bersifat non-steroid atau obat anti-inflamasi. Oleocanthal ini berperan mengurangi peradangan pada rematik dengan menurunkan produksi enzim ypenyebab peradangan.

Teh hijau

Polifenol adalah antioksidan yang terdapat di dalam teh hijau yang dapat menghambat kerusakan tulang rawan dan mengurangi peradangan. Selain itu teh hijau juga mengandung epigallocatechin-3-gallate (EGCG) yaitu suatu antioksidan yang menghambat produksi molekul yang dapat merusak sendi pada penderita penyakit rematik.

Produk olahan susu

Beberapa produk olahan susu seperti keju dan yogurt termasuk olahan susu yang rendah lemak namun kaya akan kalsium dan vitamin D sehingga dapat bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan meningkatkan kekuatan tulang. Pada penderita rematik, vitamin D sangat dibutuhkan untuk menyerap kalsium dimana dengan tercukupinya kebutuhan kalsium maka dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh khususnya pada tulang.

 

Itulah beberapa makanan enak yang dapat mengobati sakit rematik jika dikonsumsi secara teratur. Sebaiknya tambahkan beberapa makanan di atas ke dalam menu harianmu untuk menjaga agar tubuh tetap sehat dan terhindar dari penyakit rematik.

manadosehat

Founder ManadoSehat, Blogger
×

Cart