Manfaat Jus Semangka
Manfaat Jus Semangka
12 February 2017
Show all

Cara Membersihkan Mata agar Sehat

Cara Membersihkan Mata

Bola mata yang kotor dan kuning tentunya menjadi faktor penurun kualitas penampilan kita dan banyak orang yang mungkin khawatir tentang hal ini. Memutihkan mata yang kotor dan kuning itu tak sulit sebenarnya karena proses pembersihannya pun bisa dilakukan secara alami dan aman, bahkan cara membersihkan mata agar sehat ini begitu sederhana untuk dicoba.

Bila Anda sedang mencari cara membersihkan mata kotor dan kuning, maka di bawah ini adalah sejumlah cara yang bisa diintip sekaligus dipraktikkan. Langkah-langkah di bawah ini tak akan sulit ketika Anda mencobanya dan efek samping berbahaya pun tidak perlu dikhawatirkan, maka silakan melirik cara membersihkan mata ini dan buktikan sendiri efektivitasnya.

Cara Membersihkan Mata

  1. Menggunakan Obat Tetes Mata
    Obat tetes mata memiliki fungsi utama sebagai penghilang iritasi pada mata supaya rasa perih yang mengganggu dapat hilang. Mata yang kotor atau mudah terserang debu biasanya akan memicu iritasi dan menyebabkan mata kemerahan, maka dari itu, menggunakan obat tetes mata mampu menyelamatkan kondisi mata. Untuk kecerahan dan kesehatan mata, pilihlah obat tetes yang ringan, lalu cairan bisa diteteskan ke mata sesuai dengan aturan yang sudah tertera di label. Setelah diteteskan, pejamkan mata lalu beri waktu untuk istirahat. Hanya saja, tak dianjurkan untuk menggunakan obat tetes mata terlalu sering atau berlebihan karena bisa cukup berbahaya bila demikian.
  2. Menggunakan Kentang dan Mentimun
    Mengombinasikan antara jus mentimun dan jus kentang merupakan cara alami yang amat disarankan bagi yang hendak membersihkan mata kotor dan kuning. Kedua bahan ini diketahui adalah bahan yang mampu membuat mata lebih ternutrisi sekaligus lebih lembab. Mata otomatis menjadi lebih cerah karena penggunaan rutin. Jusnya bukan untuk diminum, melainkan untuk dikompreskan pada bagian mata seperti yang biasanya para wanita lakukan untuk perawatan kecantikan. Tak ada salahnya untuk mencoba menggunakan campuran kedua bahan, terutama jusnya. Lakukan setiap hari supaya dapat melihat hasilnya jauh lebih cepat.
  3. Menghindari Sinar Matahari
    Melihat matahari secara langsung bukanlah hal yang baik walau memang terpapar matahari bisa menambah asupan vitamin D (terutama di pagi hari). Matahari di siang hari pun akan menjadi perusak kulit, bahkan mampu menjadi alasan dibalik mata kotor dan merah. Jadi, pastikan untuk memberikan perlindungan bagi mata ketika mau tak mau Anda harus beraktivitas di luar ruangan. Apabila tetap ingin atau perlu keluar rumah di siang hari dengan kondisi cuaca sedang panas-panasnya dan matahari sedang terik-teriknya, upayakan mengenakan kacamata hitam. Kacamata ini bukan sekadar untuk bergaya karena pada dasarnya kacamata hitam sangat efektif melindungi mata dari UVA serta UVB yang memicu mata tersakiti.
  4. Minum Banyak Air Putih
    Minum air putih banyak per harinya bukan hanya menjadi pencegah bahaya dehidrasi, melainkan juga sehat bagi mata Anda. Saat tubuh kekurangan air mineral atau air putih, otomatis dehidrasi menyerang dan sebagai dampaknya, mata menjadi kuning dan layu. Maka dari itu, biasakan minum 8-10 gelas air putih per hari supaya mata lebih bersih dan cerah.
  5. Mengonsumsi Wortel
    Cara lainnya yang terbilang alami dan efektif dalam membersihkan mata kotor dan kuning. Wortel kita tahu sebagai makanan yang mengandung vitamin A tinggi berikut kadar vitamin C-nya pun tinggi sehingga kedua nutrisi tersebutlah yang akan membantu dalam menghilangkan penyebab mata kuning dan kotor. Wortel adalah pencerah mata alami yang bekerja dari dalam tubuh, maka jenis sayur ini perlu dikonsumsi rutin baik dengan memakannya langsung atau bisa juga dengan membuat jus wortel dan meminumnya setiap hari. Demi memelihara kebersihan, ketajaman dan kecerahan mata, wortel adalah kuncinya.
  6. Tidur Cukup
    Selain harus cukup minum air putih, ada baiknya untuk menjaga kesehatan dan kebersihan mata dengan tidur yang cukup. Tidur yang paling baik kualitasnya adalah 8-9 jam per harinya karena tidur yang kurang hanya akan membuat mata kelihatan lelah, sayu, menguning/memerah, serta tak menarik. Tidurlah dengan waktu ideal dan juga rutin supaya mata kelihatan cerah dan bersih.
  7. Mengonsumsi Suplemen
    Ketika Anda merasa bahwa mengikuti tips diet sehat saja belumlah cukup, maka tak masalah untuk mengonsumsi suplemen vitamin dan mineral demi kesehatan serta kebersihan mata. Suplemen omega-3 dan minyak ikan adalah yang paling dianjurkan untuk membuat mata bersih dan sehat dari dalam.
  8. Menambah Asupan Vitamin A
    Selain wortel, Anda bisa mengasup makanan/minuman yang berkandungan vitamin A tinggi. Buah dan sayur yang mengandung kandungan vitamin ini atau beta karoten adalah yang paling baik untuk membuat mata senantiasa bersih, sehat dan kelihatan cerah. Mangga, pepaya dan buah persik adalah contoh makanan bervitamin A tinggi untuk bisa mulai dikonsumsi.
  9. Menambah Asupan Zinc
    Untuk kebersihan dan kesehatan mata yang mulai menguning atau mudah kotor, bersihkan dari dalam dengan mengonsumsi lebih akan asupan makanan yang mengandung zinc tinggi. Alpukat, jamur shitake, serta biji wijen adalah contoh makanan-makanan berkandungan zinc tinggi yang akan membantu menjaga dan meningkatkan kebersihan dan kecerahan mata secara alami.
  10. Memperoleh Antioksidan
    Antioksidan sangat penting bagi tubuh kita karena tubuh manusia rentang terkena serangan radikal bebas yang menyebabkan banyak penyakit serius. Sayuran hijau adalah sumber antioksidan paling luar biasa karena danya zeaxanthin dan lutein. Bayam adalah jenis sayur yang dapat dikonsumsi untuk membersihkan mata dari dalam serta mencegah penyakit katarak.
  11. Menambah Asupan Vitamin E
    Vitamin E tak hanya bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan kulit saja, tapi juga bisa diandalkan untuk membersihkan mata dari dalam dan menjaga kesehatannya. Almond, selai kacang, hazelnut, dan biji bunga matahari merupakan contoh makanan dengan kandungan vitamin E yang bisa dikonsumsi harian.
  12. Menambah Asupan Vitamin C
    Vitamin C adalah asupan penting bagi tubuh yang juga jangan sampai dilewatkan untuk didapatkan setiap hari. Memperoleh vitamin C yang cukup untuk tubuh akan meningkatkan kecerahan dan kebersihan mata sehingga tak perlu takut lagi akan mata yang kotor apalagi berwarna kuning.
  13. Memberi Pijatan
    Mata yang menguning dan kotor juga sebenarnya bisa diatasi dengan cara memijat bagian mata. Caranya cukup sederhana, yakni menyiapkan 2 buah handuk untuk air dingin dan air panas. Handuk yang sudah diperas dari air panas tadi bisa dikompreskan pada mata sambil memijat bagian alias hingga kelopak mata selama 4 menit, barulah kemudian bergantian menggunakan handuk dingin dengan proses pemijatan yang sama. Mata akan terlihat lebih cerah, bersih dan segar bila melakukan cara ini rutin.
  14. Membatasi Minuman Kafein
    Kafein bukan hanya menjadi faktor peningkat risiko tekanan darah tinggi pada seseorang, melainkan juga mampu membuat mata menjadi kuning dan kurang cerah. Ketika minuman kafein seperti kopi dan teh tak dibatasi dan juga tak diimbangi dengan cairan air putih, hal ini berimbas pada warna bola mata Anda.
  15. Membatasi Minuman Bersoda
    Selain minuman berkafein, minuman bersoda pun perlu untuk dibatasi asupannya karena minuman soda yang berlebihan dan tanpa diimbangi air putih cukup justru bisa berdampak buruk pada penampilan mata Anda. Minuman bersoda membuat efek bola mata yang seharusnya putih dan cerah menjadi kuning dan kelihatan kotor, jadi sebaiknya batasi dengan baik atau imbangi dengan banyak-banyak minum air putih.
  16. Mengurangi Asupan Gula dan Karbohidrat
    Gula rafinasi atau gula kristal putih berikut juga karbohidrat bisa juga dibatasi atau dikurangi asupannya. Pastikan untuk membersihkan mata yang kotor dan kuning dengan menambah asupan sayur dan buah segar. Dengan cara ini, Anda akan mampu mendetoksifikasi organ hati dan juga seluruh tubuh Anda.
  17. Istirahat dari Komputer, Televisi dan Gadget
    Kebiasaan bekerja dengan komputer, menonton televisi dan menggunakan gadget secara berlebihan akan sangat buruk untuk mata. Adanya pengaruh radiasi dari gelombang elektromagnet dan cahaya bisa merusak beberapa bagian mata. Jadi ketika Anda tidak bekerja, maka istirahatkan mata Anda dari berbagai benda tersebut. Lebih baik jika Anda berjalan-jalan ditaman, di kebun atau sekedar keluar rumah.
  18. Hindari Sumber Iritasi
    Mata putih yang berubah menjadi kemerahan atau agak kuning bisa disebabkan oleh iritasi. Ada berbagai penyebab iritasi mata seperti debu kendaraan, debu dari udara, serbuk sari bunga, asap rokok dan sumber lain. Jika Anda sudah mengetahui penyebab iritasi mata, maka hindari sumber iritasi mata tersebut. Ini cara yang sangat alami untuk menjaga agar mata tidak terkena alergi.
  19. Kompres dengan Air Dingin
    Mengompres mata dengan air dingin dikenal sebagai cara untuk menghilangkan bengkak. Namun ternyata cara ini juga bisa membuat putih mata menjadi lebih cerah. Aliran air dingin ini bisa membuat bagian mata menjadi lebih segar dan warna juga lebih cerah. Caranya adalah dengan mengisi mangkuk dengan air dingin atau air yang sudah dicampur dengan es batu. Kemudian celupkan kain yang lembut dan bersih ke dalam air hingga terserap. Peras hingga airnya tidak terlalu banyak, kemudian terapkan pada mata. Kompres mata Anda dengan posisi tidur sehingga mata menjadi lebih nyaman.
  20. Senam Mata
    Supaya mata terlihat bersih dan cerah bebas dari kotor dan kuning, maka olahraga mata bisa Anda lakukan. Olahraga seperti senam mata akan membantu membuat lensa mata bekerja secara lebih optimal, terutama bagi yang memang pengguna kacamata minus. Berikut adalah langkah melakukan senam mata paling baik.

    • Duduklah di teras (bila rumah Anda ada 2 lantai, maka silakan berada di lantai 2 rumah Anda), fokuskan mata untuk memandang jarak yang terjauh karena cara ini begitu berguna untuk menajamkan mata sekaligus juga membersihkan serta memutihkan mata.
    • Alternatifnya, Anda bisa menggunakan mata bergantian kanan dan kiri untuk memandang jarak terjauh selama 10 detik memakai mata kanan lebih dulu lalu kemudian mata kiri.

 

 

Sumber: halosehat.com

Lorem Ipsum
manadosehat

Founder ManadoSehat, Blogger

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *