Seperti yang kamu ketahui Rheumatoid Arthritis (RA) atau sering disebut dengan penyakit rematik adalah sejenis penyakit autoimun yang dapat menyebabkan peradangan pada otot dan sendi. Jika kamu terkena penyakit ini, kamu akan merasakan rasa nyeri yang amat sangat pada persendian tulangmu hingga seluruh aktifitasmu menjadi terganggu akibat penyakit yang satu ini.

Untuk mencegah penyakit rematik agar tidak semakin parah, sebaiknya kamu kenali 5 gejala awal penyakit ini supaya kamu dapat mengantisipasinya lebih awal.

 

  • Pembengkakan
    Salah satu gejala yang paling umum dari penyakit rematik ini adalah adanya pembengkakan pada persendian. Penyebabnya adalah retensi cairan yang terjadi pada persendian hingga membuat otot membengkak dan kulit terasa sangat kencang.
  • Rasa sakit di sendi
    Selain terjadi pembengkakan pada persendian yang mengalami rematik, kamu akan merasakan sensasi sakit yaitu berupa sakit yang berdenyut pada persendian. Umumnya, rasa sakit ini muncul pada pagi hari atau ketika kamu berdiri setelah duduk dalam waktu yang lama. Bahkan rasa sakit ini bisa terjadi ketika kamu sedang beristirahat dan tidak muncul ketika kamu sedang beraktifitas.
  • Sendi menjadi hangat dan memerah
    Gejala berikutnya yaitu adanya rasa hangat dan kulit yang memerah pada persendian. Persendian yang terkena rematik selain terjadi pembengkakan biasanya terasa lebih sensitif dan terasa lebih hangat. Selain itu, peradangan yang terjadi pada persendian seringkali menyebabkan kulit menjadi memerah.
  • Kekakuan
    Selain rasa nyeri yang kamu rasakan pada persendian yang terkena penyakit rematik, biasanya persendianmu juga akan terasa kaku. Pada kasus yang lebih parah kamu akan merasa kesulitan menggerakkan persendian hingga sulit berjalan dan berktivitas.
  • Nyeri otot
    Seperti yang sudah disebutkan di atas, gejala berupa rasa nyeri merupakan gejala yang bisa dikatakan paling mengganggu bagi siapa saja yang mengalami penyakit rematik ini. Ternyata rasa nyeri akibat rematik ini tidak hanya terjadi pada persendian saja melainkan otot yang berada disekitar persendian biasanya juga akan merasa nyeri karena menjadi lebih tegang.

 

Nah, itulah beberapa gejala awal penyakit rematik yang dapat kamu kenali supaya kamu dapat segera mengantisipasi nya lebih awal. Meski penyakit rematik ini biasanya menyerang mereka yang sudah lanjut usia, tidak menutup kemungkinan kamu yang masih berusia muda dapat terkena penyakit persendian ini. Untuk mencegahnya sebaiknya lakukan olahraga secara teratur dan konsumsilah makanan sehat untuk mencukupi kebutuhan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh.

 

manadosehat

Founder ManadoSehat, Blogger
×

Cart