Jika kamu sering mengalami penyakit asam lambung khususnya setelah makan bisa jadi naiknya produksi asam lambung yang berlebihan dipicu oleh makanan yang kamu konsumsi sebelumnya. Sebenarnya asam lambung diperlukan untuk membantu mencerna makanan yang kita konsumsi agar mudah diserap oleh tubuh. Namun produksi asam lambung yang berlebih justru akan membuat perut menjadi kembung dan terasa panas seperti terbakar hingga menjalar ke kerongkongan.

Jika sudah begitu, satu-satunya cara untuk menetralkan kembali yaitu dengan menurunkan produksi asam lambung di perut. Nah, berikut di bawah ini beberapa makanan yang dapat kamu konsumsi untuk mengurangi dan menurunkan produksi asam lambung.

 

  • Susu
    Minum segelas susu hangat ketika merasa asam lambung naik adalah solusi yang tepat karena kalsium dan mineral alkali yang ada dalam susu dapat menetralkan kembali dengan mengurangi produksi asam lambung.
  • Teh herbal
    Teh herbal adalah salah satu teh terbaik yang dapat kamu gunakan untuk melawan asam lambung. Pasalnya, teh herbal dapat menenangkan usus dan menurunkan produksi asam lambung yang berlebih.
  • Jahe
    Jahe memiliki sifat anti inflamasi yang menjadikan rempah-rempah ini sangat cocok dikonsumsi untuk menetralkan asam lambung. Kunyahlah sepotong jahe atau buatlah satu gelas minuman jahe hangat untuk meredakan rasa sakit akibat asam lambung yang berlebih.
  • Cuka apel
    Ketika produksi asam lambung meningkat biasanya lambung menjadi lebih sensitif, sehingga dianjurkan untuk tidak mengkonsumsi makanan atau minuman yang asam. Namun cuka apel memiliki kandungan enzim dan asam sehat yang dapat membantu menetralkan asam lambung di perut.
  • Green smoothies
    Buatlah green smoothies dari beragam sayuran untuk meredakan asam lambung yang berlebih. Nutrisi dan zat antioksidan di dalamnya mampu mengontrol asam lambung dengan lebih cepat.
  • Oatmeal
    Selain sehat untuk jantung, oatmeal juga dapat dikonsumsi untuk menyerap asam yang berada di perut. Selain menetralkan kembali asam lambung, kandungan seratnya yang tinggi dapat meningkatkan kesehatan usus, membantu mengurangi sembelit dan membuatmu merasa kenyang lebih lama.
  • Lidah buaya
    Lidah buaya merupakan tanaman yang berfungsi sebagai pendingin alami sehingga dapat mengurangi dan menetralkan kembali asam lambung di perut.
  • Salad
    Mengkonsumsi salad secara rutin dapat membantu menjaga kesehatan tubuh khususnya kesehatan pencernaan. Beragam sayuran dalam salad memiliki nutrisi yang tinggi yang dapat mencegah terjadinya peradangan dan meredakan asam lambung. Jadi jika kamu rasakan asam lambungmu meningkat, sebaiknya segera konsumsi salad.
  • Minyak zaitun
    Kandungan yang terdapat pada minyak zaitun memiliki sifat anti inflamasi yang dapat membantu meredakan asam lambung.
  • Ayam
    Sepertinya cara yang terakhir ini bisa dibilang cukup nikmat karena kamu dapat menurunkan asam lambung dengan mengkonsumsi ayam kesukaanmu. Namun perlu diingat, jangan mengkonsumsi ayam yang diolah dengan cara digoreng karena malah akan meningkatkan asam lambung.

 

Itulah beberapa makanan yang dapat kamu konsumsi untuk mengurangi penderitaan akibat meningkatnya produksi asam lambung. Jika suatu saat nanti kamu mengalaminya, kamu tak perlu khawatir lagi karena kamu sudah tahu harus bagaimmana.

 

manadosehat

Founder ManadoSehat, Blogger
×

Cart