Membiasakannya mengonsumsi makanan sehat sejak kecil berpengaruh terhadap kesehatannya jangka panjang. Tentu sebagai orangtua Anda tak ingin asal memberikan makanan pada si Kecil. Berikut tujuh kandungan sumber makanan terbaik dan nutrisi penting bagi tumbuh kembang si kecil.

1. Protein

Protein diperlukan tubuh anak untuk membangun sel, mengubah makanan menjadi energi, mencegah anak terserang infeksi. Apa makanan kaya protein yang biasa Anda berikan? Daging tanpa lemak, susu, ikan , telur, kacang dan kedelai contoh sumber protein yang baik untuk si Kecil.

2. Karbohidrat

Berikan asupan karbohidrat secukupnya pada anak karena nutrisi ini penting sebagai sumber energi anak. Nasi dan roti putih merupakan salah satu contoh karbohidrat sederhana. Karbohidrat jenis ini mengandung kadar gula tinggi, ketika dicerna akan langsung menjadi energi dengan cepat dan meningkatkan kadar gula darah.
Lebih baik berikan karbohidrat kompleks yang kaya serat seperti nasi yang berasal dari beras merah, roti gandum, kentang rebus, sereal gandum, bubur oatmeal.

3. Lemak

Lemak merupakan sumber energi yang baik bagi anak namun pilih sumber lemak yang sehat ya. Seperti daging, ikan, kacang dan minyak nabati.

4. Kalsium

Untuk mendapatkan tulang  dan gigi yang sehat, asupan kalsium wajib dipenuhi. Kalsium juga dibutuhkan saraf, otot dan jantung. Sumber kalsium bisa didapatkan dari susu, yohgurt, keju, es krim, sayuran hijau gelap.

5. Zat besi

Zat besi dibutuhkan tubuh untuk memproduksi hemoglobin dan mioglobin. Makanan yang kaya zat besi diantaranya adalah daging merah, hati, daging unggas, bayam, oat, dan kacang.

6. Serat

Meski letaknya di akhir, jangan lupakan ya untuk memberikan makanan kaya serat pada buah hati. Serat membuat usus bekerja lebih baik serta mengurangi penyakit jantung dan kanker di masa depan. Makanan kaya serat diantaranya buah dan sayur, jagung, lentil, dan kacang.

7. Folat

Tak cuma ibu hamil yang membutuhkan, anak-anak juga butuh untuk membantu perkembangan fungsi sel anak yang sehat. Makanan kaya folat bisa didapatkan dari lentil, kacang-kacangan, sayuran hijau berwarna gelap seperti brokoli dan bayam.

 

Sumber: Liputan6

manadosehat

Founder ManadoSehat, Blogger
×

Cart