Hampir semua orang pernah mengalam yang namanya tersedak. Saat tersedak terjadi biasanya oarang merasa terkejut, sebenarnya tidak perlu panik, Anda hanya perlu melakukan pertolongan pertama saat tersedak secepatnya. Tersedak adalah keadaan di mana makanan atau minuman tersesat atau salah jalan sehingga membuat orang terbatuk atau pengertian lainnya yaitu masuknya benda asing ke dalam tenggorokan bagian jalur udara.

Tersedak dapat terjadi pada anak-anak atau pun orang dewasa bahkan pada bayi pun ada kemungkinan terjadi tersedak. Sebagian orang menganggap tersedak sebagai hal sepele, padahal tersedak dapat berakibat fatal jika korban terlalu sulit bernapas karena aliran udara yang terhambat sehingga dapat menimbulkan kematian. Namun hal itu dapat diatasi dengan pertolongan pertama yang dapat dilakukan. Sebagaimana yang tertulis di dalam buku panduan pertolongan pertama, berikut ini adalah hal-hal yang bisa dilakukan sebagai bentuk pertolongan pertama saat tersedak :

 

  1. Pertolongan pertama pada bayi usia dibawah satu tahun dapat dilakukan dengan meletakkan kepala mereka lebih rendah dari dada, kemudian topang kepala dan lehernya. Lalu tepuk punggung atasnya 5 kali dan juga tekan 5 kali di bagian dada, tepat di tengah di bawah garis puting. Ulangi tindakan ini hingga benda yang tertelan keluar atau hingga anak menangis.

 

  1. Pada orang dewasa dan anak-anak di atas usia satu tahun. Mulailah pertolongan pertama dengan melakukan hentakan perut. Pada orang dewasa, pertolongan pertama dimulai dengan berdiri di belakang orang yang tersedak, kemudian lingkarkan kedua lengan ke pinggang korban, sedikit bungkukkan korban ke depan, lalu kepalkan salah satu tangan kalian di bagian perut tepatnya di atas pusar korban, genggam erat kepalan tangan kalian dan tekan kuat ke atas dengan cepat seolah kalian mengangkatnya dari lantai. Jangan lakukan tindakan ini pada anak di bawah satu tahun.

 

  1. Jika yang tersedak adalah diri sendiri, sembari mendapatkan pertolongan dari orang lain, pertolongan pertama yang dapat dilakukan yaitu dengan membuat kepalan kedua tangan di depan perut, simpan di atas pusar dengan posisi sikku yang mengarah dari luar ke dalam, tekan perut dengan keras ke arah atas atau bagaian tulang dada. Lakukan secara berulang-ulang hingga napas terasa lega. Jika hal tersebut tidak memungkinkan untuk dilakukan, alternatif lainnya sebagai pertolongan pertama yaitu dengan mencari kursi yang mempunyai sandaran, letakkan sandaran kursi di perut tepatnya di atas pusar, lalu dorong tubuh ke arah sandaran kursi sehingga perut tertekan, dorong tubuh berkali-kali hingga pernapasan terasa lega. Setelah itu, jika benda yang menyumbat terlihat, maka bisa diambil dengan jari tangan sebaliknya jika bnedanya tidak terlihat jangan paksakan untuk mengambil benda tersebut karena hal itu hanya akan mendorong benda masuk lebih dalam. Meskipun kalian bisa membebaskan jalan napas kembali, sebaiknya tetap konsultasikan pada dokter terdekat supaya diberikan perawatan lanjutan.

 

Sebagai catatan. Jangan menggantung tubuh anak dengan terbalik untuk mengeluarkan benda yang tertelan, karena tindakan tersebut tidak akan efektif melainkan dapat memperberat cedera. Itulah beberapa hal yang bisa kalian lakukan untuk pertolongan pertama saat tersedak. Semoga bermanfaat.

manadosehat

Founder ManadoSehat, Blogger
×

Cart