Kacang Buah Dan Sayur Ampuh Penurun Kolesterol
Kacang Buah Dan Sayur Ampuh Penurun Kolesterol
15 August 2016
Manfaat dari Buah Pisang
Manfaat dari Buah Pisang
18 August 2016
Show all

Teknik Pernapasan Buat Diri Rileks Secara Singkat

Teknik Pernapasan Buat Diri Rileks Secara Singkat

Terlalu banyak bekerja membuat tubuh berada di bawah tekanan hingga kurangnya beristirahat. Untuk mengendalikan hal ini, melakukan teknik pernapasan yang tepat bisa membuat pikiran dan tubuh berfungsi lebih baik lagi. Mencapai perasaan tenang dan relaksasi pun membantu menjauhkan seseorang dari kondisi stres. Seperti dikutip laman Time, sejumlah ahli menyarankan menggunakan teknik pernapasan untuk meningkatkan kesadaran dan rasa rileks.

Dr Alison McConnell, seorang instruktur yoga di Rebecca Pacheco Yoga dan Dr Ellen Langer, ahli psikolog mengatakan bahwa teknik bernapas yang tepat bukan bernapas seperti biasa namun ada sejumlah teknik khusus untuk mendapatkan ketenangan dari bernapas.

1. Equal breathing

Teknik ini dapat dilakukan dengan menarik napas selama empat hitungan melalui hidung, yang berfungsi untuk menambahkan resistensi alami pada pernapasan.

“Pada enam sampai delapan hitungan per napas bertujuan untuk menenangkan sistem saraf, meningkatkan fokus, dan mengurangi stres,” ujar Pacheco.

2. Abdominal breathing technique

Teknik pernapasan ini dilakukan dengan perut, dimana Anda meletakkan satu tangan di dada dan satu tangan di perut. Ambil napas dalam-dalam melalui hidung dan pastikan diafragma mengembang dengan cukup untuk membuat peregangan pada paru-paru.

“Enam sampai sepuluh hitungan selama 10 menit setiap harinya dapat menurunkan denyut jantung dan tekanan darah,” jelas McConnell.

Melakukan teknik ini selama enam sampai delapan minggu akan membuat manfaatnya bertahan lebih lama lagi.

3. Nadi shodhana

Pernapasan hidung secara bergantian pada teknik ini membawa ketenangan dan keseimbangan untuk menyatukan sisi kanan dan kiri otak manusia.

Ambil posisi meditasi yang nyaman untuk peroleh teknik pernapasan ini. Puncak inhalasi dari teknik ini menutup lubang hidung sebelah kiri dengan jari manis, lalu buang napas melalui lubang hidung kanan, lakukan secara berulang dan bergantian.

4. Kapalabhati atau skull shining breath

Teknik ini dimulai dengan menghirup secara lambat dan panjang untuk menghasilkan napas yang kuat dari perut bagian bawah.

Pacheco mengatakan teknik pernapasan ini mampu menghangatkan tubuh, melepaskan energi negatif, dan perbaiki energi otak.

5. Progressive relaxation

Ketegangan dari kepala sampai kaki dapat diredakan lewat teknik pernapasan ini.

Dr Patricia Farrell, dari bidang anxiety and panic menyarankan untuk hirup napas melalui hidung dan tahan selama lima hitungan, reaksi yang akan terjadi otot-otot yang tegang akan mereda.

6. Guided visualization

Mengambil napas dalam-dalam diiringi dengan fokus pada pikiran positif untuk mengganti pikiran negatif, berlaku pada teknik yang satu ini.

Dr Ellen Langer menjelaskan bahwa sementara ini cara yang tepat untuk mencapai ketenangan pikiran seseorang. “Guided visualization membantu menempatkan Anda sesuai dengan keinginan pribadi, daripada membiarkan pikiran berada pada kondisi stres,” jelas Ellen.

 

Sumber: Liputan6

Lorem Ipsum
manadosehat

Founder ManadoSehat, Blogger

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *