Yoghurt Baik Bagi Kesehatan
Yoghurt Baik Bagi Kesehatan
19 August 2016
oatmeal instant
Oatmeal instant bisa berbahaya bagi kesehatan
10 June 2017
Show all

Tips Menjaga Kesehatan Mata

Menjaga Kesehatan Mata

Mata merupakan bagian penting dalam tubuh. Mata yang sehat selalu menjadi dambaan orang-orang, namun dengan gaya hidup yang bebas lambat laun mata kita bisa berkurang penglihatannya, banyak faktor yang menyebabkan hal ini terjadi. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan mata.

Hal yang menyebabkan kerusakan pada mata bisa disebabkan oleh beberapa hal baik dari faktor dalam atau faktor luar. Beberapa faktor dari dalam yang bisa membuat kornea mata rusak adalah kelainan degenerasi, infeksi, kelainan bawaan, bertambahnya umur, autoimun, jaringan yang menipis dengan sendirinya, bahkan bekas operasi katarak. Selain itu konsumsi obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan kerusakan kornea. Obat-obatan akan mengendap di lapisan kornea dan merubah warna dan segalanya.

Kerusakan kornea dari luar juga bisa disebabkan beberapa faktor seperti bakteri, benda tajam, virus, jamur, benda tumpul maupun kecelakaan. Kerusakan pada kornea dapat menyebabkan melemahnya penglihatan seseorang. Resiko paling fatal adalah kebutaan. Jika kornea mata rusak, tidak akan bisa dipulihkan lagi. Efeknya penglihatan pun akan terganggu. Cara mengatasi hal ini adalah dengan melakukan operasi transplantasi kornea.

Nah, sebelum terlambat sebaiknya lakukan tips yang dirangkum dibawah ini.

Lakukan Pemeriksaan Menyeluruh

Mungkin Anda berpikir kalau mata Anda itu baik-baik saja dan sehat, tapi dengan pergi ke tempat ahli mata maka semuanya akan terbongkar. Banyak orang tidak menyadari kalau penglihtan mereka berkurang, dan ini bisa terjadi karena beberapa faktor seperti glukoma atau efek penuaan. Ada baiknya untuk memeriksakan mata ke ahli mata untuk mengetahui kesehatan mata Anda secara menyeluruh.

Mengetahui Riwayat Kesehatan Mata Keluarga

Bicaralah pada anggota keluarga Anda tentang riwayat kesehatan mata mereka. Ini penting untuk mengetahui apakah kamu beresiko terkena penyakit mata atau tidak. Ini dapat membantu Anda untuk menentukan apakah Anda beresiko tinggi terkena penyakit mata. Sehingga kita bisa melakukan pencegahan dari awal.

Makan Makanan yang Baik untuk Mata

Wortel mungkin makanan terbaik yang kita tahu untuk kesehatan mata. Tapi makanan lain dan nutrisinya mungkin bisa lebih penting untuk menjaga penglihatan. Vitamin C dan E, seng, lutein, zeaxanthin dan asam lemak omega-3 semuanya berperan dalam menjaga kesehatan mata. Semua itu dapat mencegah katarak, mengabiurkan lensa mata Anda. Mereka juga mampu melawan hilangnya penglihatan di masa tua.

Bayam dan Kangkung memiliki antioksidan yang mampu melawan kerusakan mata yang disebabkan oleh radiasi, rokok dan polusi udara. Daun hijaunya memuat dua nutrisi yang penting untuk mata, lutein dan zeaxanthin. Mengonsumsi 10 ons bayam per minggu mampu menurunkan resiko penyakit mata akibat penuaan.

Jeruk dan Strawberry adalah sumber vitamin C yang merupakan antioksidan paling populer. Pepaya juga merupakan sumber baik untuk vitamin C.

Biji, Kacang-kacangan dan Gandum mengandung Vitamin E dan C yang bekerja bersama untuk menjaga kesehatan jaringan kuat. Namun kebanyakan dari kita hanya sedikit konsumsi vitamin E. Segenggam biji bunga matahari atau satu sendok minyak gandum yang dimasukan ke salad dapat meningkatkan asupan vitamin E bagi tubuh. Almond, kemiri dan minyak sayur juga merupakan sumber terbaik.

Kalkun, Tiram dan Kepiting. Dengan mengonsumsi dua tiram sehari cukup untuk memenuhi kebutuhan harian seng (zinc), yang mampu menjaga retina mata Anda tetap pada performa terbaiknya. Sandwich kalkun juga merupakan sumber yang baik. Seng (zinc) bisa di temukan juga dalam daging, kacang, telur, dan seluruh bibi-bijian lainnya.

Salmon, sarden dan ikan haring merupakan sumber omega-3 terbaik namun tuna juga merupakan sumber yang baik. Asam lemak omega-3 mampu menjaga kesehatan jantung dan otak Anda, selain itu asam lemak omega-3 juga mampu melindungi mata dengan melawan peradangan dan membantu sel-sel bekerja lebih baik. Konsumsi setidaknya dua porsi ikan perminggu.

Wortel, Labu dan Ubi jalar memiliki kandungan beta karoten yang akan diubah menjadi vitamin A yang mampu mencegah rabun malam.

Menjaga Berat badan

Memiliki berat badan berlebih atau obesitas meningkatkan resiko terkena diabetes dan kondisi sistemik lainnya. Dimana kita bisa kehilangan penglihatan karena penyakit diabetes mata atau glukoma. Jika kamu memiliki masalah dengan berat badan dan penglihatan, ada baiknya jika dibicarakan dengan dokter untuk memastikan.

Menggunakan Kacamata

Gunakanlah kacamata pelindung bila kalian berolahraga atau beraktivitas diluar rumah. Kacamata pelindung meliputi kacamata dan safety glasses, safety shields dan eye guards. Semua dirancang khusus untuk memberikan perlindungan yang tepat bagi mata kita. Lensa kacamata pelindung terbaik terbuat dari polycarbonate, dimana 10 kali lebih kuat dibanding plastik.

Sunglasses merupakan aksesoris fashion yang luar biasa, banyak orang mengenakannya untuk bergaya. Namun perlu diingat, tujuan penggunaan sunglasses adalah untuk melindungi mata Anda dari sinar ultraviolet. Jadi ada baiknya bila membeli kacamata, belilah yang mampu melindungi mata Anda dari sinar UV-A dan UV-B. Selain menjaga kesehatan mata, Anda pun bisa tetap tampil keren.

Berhenti Merokok

Merokok tidak baik bagi kesehatan mata. Penelitian menunjukan merokok berkaitan dengan peningkatan resiko degenerasi, katarak dan kerusakan saraf optik, yang dapat menyebabkan kebutaan.

Beri waktu Istirahat untuk Mata

Jika Anda menghabiskan banyak waktu di depan layar monitor atau fokus pada satu hal, Anda terkadang lupa untuk berkedip dan itu bisa membuat mata Anda lelah. Cobalah aturan 20-20-20 : dimana setiap 20 menit Anda melihat ke benda yang berjarak 20 kaki selama 20 detik. Cara ini dapat membantu mengurangi kelelahan mata Anda.

Bersihkan Tangan dan Kontak Lensa

Untuk menghindari resiko terkena infeksi, selalu cuci tangan ketika akan memasang atau melepas lensa kontak. Pastikan untuk mendisinfeksi lensa kontak Anda sesuai yang di instruksikan dan menggantinya secara berkala.

Jadikan Kebiasaan

Bila kalian bekerja ditempat yang memerlukan menggunakan kacamata seperti tempat pengelasan. Pastikan untuk selalu mengenakan kacamata pelindung sesuai peruntukannya. Ini bertujuan untuk menjaga kesehatan mata Anda. Sembarang mengenakan kacamata akan berdampak pada menurunnya penglihatan bahkan bisa menyebabkan kebutaan. Maka dari itu jadikan kebiasaan agar bisa menjadi teladan bagi yang lainnya juga.

 

 

 

Lorem Ipsum
manadosehat

Founder ManadoSehat, Blogger

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *