Manfaat dari Buah Pisang
Manfaat dari Buah Pisang
18 August 2016
Menjaga Kesehatan Mata
Tips Menjaga Kesehatan Mata
24 September 2016
Show all

Yoghurt Baik Bagi Kesehatan

Yoghurt Baik Bagi Kesehatan

Bagi Anda penggemar yoghurt, ada kabar baik. Wanita yang gemar makan sekitar lima atau lebih porsi yoghurt setiap pekan bisa menurunkan risiko tekanan darah tinggi. Penurunan potensi terkena darah tinggi bahkan bisa mencapai sekitar 30 persen dibandingkan mereka yang hanya mengonsumsi yoghurt sebulan sekali. Jika manfaatnya ingin lebih baik lagi, tambahkan buah di dalamnya. Ternyata yoghurt baik bagi kesehatan.

Namun perlu diingat bahwa makan yoghurt saja bukan berarti jaminan tekanan darah tinggi tidak naik suatu hari nanti. Sebaiknya di imbangi dengan asupan sehat lainnya. “Tidak ada satu makanan yang amat hebat. Namun menambahkan yoghurt dalam diet sehat bisa mengurangi risiko terkena tekanan darah tinggi pada wanita di kemudian hari,” tutur salah satu peneliti Justin Buendia seperti dikutip laman Daily Mail. 

Kesimpulan ini didapatkan setelah melakukan studi yang melibatkan 240 ribu wanita berusia 25-55 tahun. Lalu studi kedua dilakukan terhadap 51 ribu tenaga profesional kesehatan berusia 40-75 tahun.

Manfaat yoghurt bisa menjaga tekanan darah tetap normal belum dapat dijelaskan. Diprediksi hal tersebut terjadi karena yoghurt membantu menurunkan kolesterol. Seperti diketahui, kadar kolesterol tinggi dapat menyebabkan penyumbatan pada pembuluh darah yang berujung pada tekanan darah tinggi.

Tak Hanya Baik Bagi Saluran Pencernaan, Yoghurt Juga Baik Bagi Kesehatan Kulit

Yoghurt telah dikenal luas sebagai makanan yang lezat dan menyehatkan tubuh. Pakar kesehatan bahkan menyebutkan jika mereka yang rutin mengkonsumsi yoghurt bisa menjaga tubuh mereka lebih baik dalam melawan penyakit jantung atau masalah pencernaan. Namun, tahukah anda jika yoghurt juga memiliki banyak kandungan baik bagi kesehatan kulit? Pakar kecantikan menyebutkan jika yoghurt ternyata kaya akan kalsium, vitamin B, atau zat besi, kandungan yang memang dibutuhkan untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Untuk mendapatkan manfaat terbaik dari bahan makanan ini, cobalah untuk menggunakan yoghurt sebagai masker alami bagi wajah.

Cara membuat masker alami bagi kulit wajah dari yoghurt sendiri cukup mudah untuk dilakukan. Plain yoghurt bisa dicampur dengan perasan air lemon dan kemudian kedua bahan ini diaduk hingga merata. Setelah jadi masker yoghurt ini, kita bisa mulai membersihkan kulit wajah terlebih dahulu sebelum diolesi masker secara merata. Diamkan saja sekitar 20 hingga 30 menit dan kemudian bilaslah dengan air dingin dan kemudian kulit wajah dikeringkan dengan handuk. Jika kita rutin melakukan kebiasaan ini dua kali seminggu, maka masker yoghurt akan membuat kulit menjadi lebih sehat dan jauh terlihat leih cantik.

Sebenarnya, masih ada banyak sekali manfaat yoghhurt bagi kesehatan kulit kita. Sebagai contoh, jika kita rutin memakai masker yoghurt, maka kulit kita cenderung terjaga kelembabannya dan terbebas dari dehidrasi. Kulit juga akan cenderung membuat kulit menjadi lebih bercahaya, terbebas dari masalah jerawat dan minyak yang sangat membandel, hingga terbebas darai masalah lingkar mata panda. Selain itu, kulit yang telah dilapisi kulit yoghurt akan cenderung lebih sedikit terkena resiko paparan cahaya matahari sehingga akan menjadi lebih bercahaya dan lebih cantik dari sebelumnya.

Yoghurt Dapat Pengaruhi Fungsi Otak

Mengonsumsi yoghurt secara teratur, dapat mempengaruhi fungsi otak secara positif. Dalam sebuah studi baru yang diterbitkan dalam jurnal Gastroenterology, para peneliti UCLA telah mengamati 36 perempuan. Mereka menemukan bahwa mengonsumsi probiotik membantu mengurangi aktivitas di beberapa bagian otak, termasuk daerah yang memantau suasana hati, dan kepekaan terhadap rasa sakit, kecemasan, dan stres.

Ada banyak jenis yoghurt yang bisa menjadi pilihan. Salah satunya yoghurt tradisional yaitu susu yang difermentasi, dan hidup kultur aktif (bakteri sehat yang membantu kesehatan pencernaan, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh).

Namun jika memiliki perut sensitif, Anda bisa memilih yoghurt Yunani yang sedikit asam dengan tebal, dan tekstur kaya. Yoghurt ini memiliki dua kali lebih banyak protein, dan jumlah kalori yang dihasilkan sama dengan yoghurt tradisional.

Adapun soal yoghurt bisa juga menjaga tekanan darah tetap normal, belum dapat dijelaskan. Diprediksi hal tersebut terjadi karena yoghurt membantu menurunkan kolesterol. Seperti diketahui, kadar kolesterol tinggi dapat menyebabkan penyumbatan pada pembuluh darah yang berujung pada tekanan darah tinggi.

Lorem Ipsum
manadosehat

Founder ManadoSehat, Blogger

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *